Tips Siswa

9 Manfaat Berpikir Kritis untuk Masa Depan Siswa yang Gemilang


Manfaat Berpikir Kritis untuk Masa Depan Siswa

Saat ini sekolah-sekolah di Indonesisa menggalakkan sistem belajar berpikir kritis. Dimana siswa tidak lagi terlibat pembelajaran satu arah di dalam kelas – mendengarkan penjelasan guru, menerima dan mencatat yang disampaikan. Kini, pola pembelajaran demikian dianggap tidak membantu siswa dalam menghadapi masalah di masa depan. Karena itu sekolah diharapkan mampu menerapkan pola pembelajaran berpikir kritis di kelas.

Tapi, apa itu berpikir kritis?

Berpikir kritis adalah menilai suatu masalah/topik  lebih dari satu sudut pandang, melibatkan penalaran dalam mempertimbangkan fakta terkait subjek suatu masalah/topik tersebut. Dengan menerapkan berpikir kritis dalam pembelajaran berarti siswa dapat menyatakan argument terkait topik yang sedang didiskusikan di dalam kelas.

Topik akan dievaluasi dengan lebih dari berbagai sudut pandang siswa sehingga terjadi interaksi di dalam kelas. Belajar tidak lagi menjadi kegiatan yang membosankan. Pola pembelajaran seperti ini akan sangat bermanfaat bagi siswa dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

Manfaat Berpikir Kritis untuk Anak Sekolah (Siswa)

Berpikir kritis – Menerima data, menganalisis, mengevaluasi kemudian menarik kesimpulan berdasar fakta dan bukan opini merupakan suatu hal yang baik. Hal yang baik akan mendatangkan sesuatu yang baik pula. Berikut adalah 9 kebaikan karena berpikir kritis bagi para siswa:

1. Keputusan yang Berbasis Informasi

Membuat keputusan berdasar informasi sangatlah penting. Kita dituntut mampu membuat keputusan sesederhana seperti menentukan membelanjakan uang hingga menentukan karir. Semakin banyak informasi dan pengetahuan yang anda miliki, maka akan semakin baik pula keputusan yang anda buat. Keputusan yang baik adalah keputusan yang mendatangkan manfaat bagi anda dan sekitar anda, juga minim penyesalan di kemudian hari.

2. Untuk Memahami Sesuatu yang Lebih Baik

Kemampuan memahami sesuatu juga merupakan nilai yang penting dalam kehidupan. Kita hidup dengan terpapar informasi setiap harinya, baik yang kita dapatkan dari berita di TV, majalah maupun sesama manusia. Semakin banyak informasi yang kita terima harus semakin baik pula pemahaman kita agar tidak mudah terbawa arus.

Baca Juga: Panduan Membuat Dasi yang Mudah dan Tidak Gampang Rusak

Hal ini dapat diterapkan saat pemilihan calon presiden. Semakin banyak informasi capres yang kita terima semakin yakin kita terhadap kapabilitas masing-masing kandidat, maka besar kemungkinan kita menjatuhkan pilihan kepada capres yang dapat berkontribusi besar pada negara.

3. Untuk Berinovasi

Kecenderungan manusia adalah untuk mencari, menemukan dan berkarya. Manusia menciptakan lagu, lukisan, puisi, novel dsb. Manusia menemukan pembangkit lsitrik, bohlam lampu, sepeda, mobil hingga roket. Manusia juga menemukan rumus-rumus yang berperan penting dalam kehidupan.

Kemampuan untuk berkarya dan mencipta melibatkan pengambilan keputusan. Keputusan mengenai hal apa yang perlu dikembangkan, komponen apa yang digunakan, dsb. Dalam pengambilan keputusan hendaknya manusia memiliki kemampuan penalaran yang dapat dilatih dengan berpikir kritis.

Penemu-penemu terdahulu memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik sehinga berhasil menciptakan benda-benda yang bermanfaat bagi umat manusia hingga kini.

4. Fleksibel dalam Menemukan Jalan Keluar

Terbiasa berpikir kritis membuat manusia mampu berpikir jernih dan rasional. Terbiasa berpikir jernih mengasa kemampuan kita dalam menemukan jalan keluar beserta alternatifnya. Kita tidak terpaku pada satu jalan keluar saja, sehingga terbiasa berpikir kreatif. Ini merupakan suatu hal yang baik, generasi kita terlatih untuk tidak berlarut-larut dalam masalah melainkan fokus pada pencarian solusi.

5. Terbuka Terhadap Ide Lain

Terbiasa dengan pola pembelajaran berpikir kritis, menampung gagasan dan argumen berbeda menjadikan kita pribadi yang fleksibel. Pemikiran fleksibel membantu kita dalam menjalin kerjasama yang lebih baik dengan sesama manusia. Kita dapat mengkolaborasikan ide yang tercetus dan menghasilkan solusi yang baik bagi semua. Memaksakan gagasan pribadi dapat memperburuk hubungan sesama yang semula baik.

6. Menghemat Waktu

Terbiasa berpikir kritis membiasakan seseorang untuk mempertimbangkan informasi dan pengetahuan yang relevan dengan topik. Karena telah terbiasa, kita akan secara spontan mengesampingkan informasi yang tidak relevan. Mempertimbangkan hal-hal yang telah terkerucut membantu kita membuat keputusan dengan cepat dan memanfaatkan waktu yang ada untuk kepentingan lainnya.

7. Membentuk Pribadi yang Bijaksana

Pemimpin yang didambakan adalah pemimpin yang bijaksana.Terbiasa berpikir kritis membentuk pribadi yang bijaksana. Kita terbiasa memiliki pola pikir yang terorganisir, melihat masalah dari banyak sudut pandang sehingga mampu memahami alasan dibaik setiap gagasan. Pribadi yang bijakasana mampu membuat keputusan yang baik bagi yang bersangkutan sehingga tercipta kehidupan yang aman dan rukun.

8. Tidak Mudah ditipu

Di era digital ini kita sangat mudah terpapar informasi palsu atau hoax. Hoax dapat menimbulkan salah persepsi dan membuat suatu keadaan yang semula rumit semakin runyam. Inilah manfaat berpikir kritis yang selanjutnya. Generasi yang terbiasa menyaring informasi dengan berpikir kritis tidak akan mudah tertipu. Ini mengarah pada kehidupan yang harmonis dan meminimalkan tindakan saling salah menyalahkan. 

9. Lebih Mandiri

Berpikir kritis mewajibkan kemampuan mengumpulkan dan mengevaluasi informasi. Tak ayal orang dengan pola pikir kritis memiliki pengetahuan yang luas. Ini menjadikannya mampu membuat keputusan secara mandiri pada saat-saat yang diperlukan. Orang yang mandiri akan membuat mereka bisa survive dalam segala kondisi.

Baca Juga: Contoh Kalimat Simple Present Tense

Demikian manfaat berpikir kritis, dan sudah bukan rahasia lagi kalau cara ini sangat baik untuk para siswa. Selain banyak membawa keuntungan bagi diri sendiri, pola pikir kritis juga membawa dampak positif bagi orang sekitar. Hal ini akan membawa kita pada masa depan yang gemilang.

Belajar lebih mudah bersama Sekolah2000. Beritahu teman kalian dengan bagikan postingan ini ke Facebook dan twitter !!

Baca Artikel Lainnya

Tips Siswa
7 Cara Melatih Public Speaking yang Baik pada Siswa
Tips Siswa
7 Jenis Gaya Belajar yang Mudah Diaplikasikan
Tips Siswa
9 Cara Menghemat Uang Jajan yang Mudah dan Pasti Berhasil
There are currently no comments.