editorial Sekolah2000: Tempat belajar yang asyik dan bisa dilakukan dimana saja. Learning from home with US !!

Fakta Tentang Planet Matahari dan Gambar Matahari Asli dari Nasa

2 min read

Planet Matahari

Sudah berapa lama kita mengenal planet matahari? Dari kecil kan? Namun, sudahkah kita mengenal tentang planet ini selain hanya sebagai planet bundar berwarna kuning yang bercahaya? Pernah memiliki keinginan untuk melihat planet ini dari dekat?

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui fakta menarik tentang planet matahari lengkap dengan gambar matahari asli yang pada tahun 2020 ini diterbitkan oleh nasa. Yuk simak ulasan kita kali ini.

7 Fakta Tentang Matahari

Meskipun sudah sejak kecil kita mengenal planet satu ini, mungkin masih banyak orang yang asing dengan pusat tata surya satu ini. Berikut 10 fakta tentang planet matahari yang harus kamu tahu.

1. Besar

Meskipun dari bumi terlihat begitu kecil, faktanya matahari memiliki ukuran yang sangat besar. Wikipedia menjelaskan bahwa matahari memiliki diamater kurang lebih 1.392.684 km. Jika kamu bertanya besar matahari berapa kali besar bumi maka jawabannya besar matahari adalah 109 kali diameter dari bumi yang kita singgahi ini.

Untuk menggambarkan ukuran dari matahari, Nasa juga menjelaskan jika diibaratkan matahari itu setinggi pintu, maka bumi hanya memiliki seukuran nikel.

2. Kuat

Nasa menjelaskan matahari sebagai planet ‘most massive’, kami mendefinisikan ini sebagai planet yang sangat kuat. Tentu kita setuju dengan hal ini, namun kenapa bisa demikian? Perlu anda ketahui bahwa matahari bisa mewakili kurang lebih sekitar 99,86 % dari seluruh masa tata surya.

Ingin tahu apa saja elemen kimia yang ada pada planet matahari? matahari terdiri dari 3/4 hidrogen, dan sisanya didominasi oleh helium. Ukuran sisa disini juga bukan suatu yang biasa saja, sisa tersebut kurang lebih sekitar 1,69%, jika kita bandingkan dengan massa bumi adalah 5.629 kali, terdiri dari sekumpulan elemen yang berat seperti besi, neon, karbon, dan oksigen.

3. Memiliki Pergerakan yang Berbeda

Untuk mencapai satu kali putaran, matahari memerlukan waktu kurang lebih sekitar 27 hari. Gerakan ini pertama kali diketahui dari pengamatan terhadap bintik matahari yang mengalami perubahan. Sedangkan pada bagian ekuator, matahari membutuhkan waktu sekitar 25 hari untuk mencapai satu putaran. Tetapi untuk bagian kutub, matahari untuk satu kali putaran memerlukan waktu 35 hari.

Mungkin kamu ada yang ingin bertanya, kenapa matahari pergerakannya berbeda-beda? hal ini karena matahari adalah bola gas, bukan bola padat, hal ini membuat matahari memiliki pergerakan yang berbeda-beda.

4. Ringless

Tidak seperti Uranus, Jupiter, saturnus dan Neptunus yang memiliki cincin. Meskipun bercahaya, matahari tidak memiliki cincin.

5. Terus dipelajari

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa matahari mempunyai suhu permukaan mencapai 6000 derajat celcius, sedangkan untuk suhu intinya bisa mencapai 15 juta derajat celcius. Meskipun demikian, banyak pesawat luar angkasa yang secara kontinue mengamata planet yang menjadi pusat tata surya ini. Hal ini dilakukan untuk mengawasi cuaca luar angkasa yang dapat mempengaruhi astronot dan satelit.

6. Energi Kehidupan

Tanpa adanya matahari, tidak ada kehidupan di planet bumi yang kita singgahi ini. Semua makhluk hidup yang ada dibumi nyaris semuanya dibantu oleh matahari, seperti melalui fotosintesis, cuaca, sampai perubahan iklim.

7. Bintik-Bintik Gelap

Setelah kamu melihat kumpulan gambar matahari yang ada dibawah, mungkin kamu akan melihat adanya bintik-bintik hitam. Perlu kamu ketahui bahwa itu adalah pusat area magnet yang sangat kuat dan intent yang bisa membuat terjadinya sebuah ledakan pada matahari.

Gambar Matahari Asli

Planet Matahari

Hampir tidak mungkin bagi kita untuk dapat melihat dan mengamati secara jelas bagaimana gambar dan bentuk matahari secara total. Namun teknologi berhasil membuat kita bisa melihat hal itu dengan sempurna. Sebelum memperlihatkan foto matahari, kami akan membagikan apa yang sudah diterbitkan oleh Nasa.

Beberapa waktu lalu Nasa menerbitkan sebuah timeslaps gambar matahari selama 10 tahun dijadikan sebagai 1 jam saja. Berikut videonya.

Gimana? sudah melihat vidio matahari diatas? agar lebih jelas, berikut gambar-gambar matahari yang kami kumpulkan dari situs nasa.

xray matahari

Ini adalah pengamatan yang dilakukan oleh Nasa yang menunjukan sinar X Rays dari matahari.

Solar Dynamics Observatory

Sepasang filamen memanjang yang diambil oleh Nasa pada 8 September 2016.

gambar permukaan matahari

Diatas adalah gambar matahari yang menunjukan urutan dimulai dari permukaan sampai dengan atmosfer atasnya. Gambar ini diambil pada tanggal 27 Oktober 2017.

sunspot

Sunspot besar adalah sumber semburan matahari yang diambil pada 6 September 2017.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Belajar lebih mudah bersama Sekolah2000. Beritahu teman kalian dengan bagikan postingan ini ke Facebook dan twitter !!

editorial Sekolah2000: Tempat belajar yang asyik dan bisa dilakukan dimana saja. Learning from home with US !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *