editorial Sekolah2000: Tempat belajar yang asyik dan bisa dilakukan dimana saja. Learning from home with US !!

Rumus Luas Segitiga dan Contoh Soal [Siku-siku, Sama Sisi, & Sembarang]

1 min read

rumus luas segitiga

Dalam kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang rumus segitiga baik itu segitiga siku-siku, segitiga sembarang, sama kaki, sama sisi, tumpul, sampai dengan sisi miring. Segitiga memang memiliki beberapa jenis jika kita lihat dari sudut lancipnya, namun pada dasarnya rumus segitiga semuanya sama saja.

Sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana rumus segitiga lengkap dengan contoh soalnya? Yuk simak ulasan kami dibawah ini.

Rumus Luas Segitiga

Rumus luas segitiga sendiri adalah alas x tinggi / 2 (alas kali tinggi dibagi 2), selain itu juga bisa dicari dengan rumus ½ x alas x tinggi (setengah kali alas kali tinggi. Baik menggunakan rumus yang pertama atau kedua, hasilnya akan sama saja.

Point utamanya adalah, sebelum mencari luas bangunan datar segitiga, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa bangunan tersebut sudah diketahui sisi alas dan tingginya. Hal ini karena rumus luas segitiga menggunakan dua hal tersebut

Rumus Segitiga
Rumus 1A x T / 2
Rumus 21/2 x A X T
A = Alas, T = Tinggi

Alas adalah panjang dari sisi bagian bawah segitiga, sedangkan tinggi garis horizontal yang ada di bidang segitiga. Untuk bisa memahami dengan lebih baik rumus yang sudah kami bagikan, silahkan lihat gambar dibawah ini, kami akan menjelaskan mana bagian yang disebut sebagai alas, dan mana sisi yang disebut sebagai tinggi dalam bangunan datar segitiga.

segitiga siku siku

Misalkan untuk gambar diatas, mana yang bagian alasnya? Dan mana yang bagian tigginya? Alas dari segitiga diatas adalah ditunjukan oleh huruf ‘A’ sedangkan tingginya ditunjukan oleh huruf ‘C’. Lanjut pada gambar selanjutnya.

segitiga sama kaki

Sedangkan untuk gambar segitiga sama sisi diatas, mana bagian alasnya dan mana bagian tingginya? Pada gambar diatas, alasnya ditunjukan oleh huruf ‘A’ sedangkan tingginya ditunjukan oleh huruf ‘C’.

Alas adalah bagian sisi yang menopang tinggi, yang biasanya sebagai alas dari sudut 90 derajat. Sangat mudah untuk dimengerti bukan? Yuk kita lanjut pada latihan soal.

Contoh Latihan Soal Luas Segitiga

Setelah kita sudah tahu rumus dari luas segitiga, yuk kita lanjut dengan menghitung luas segitiga yang langsung akan kami berikan latihan soal. Yuk simak dibawah ini.

1. Soal Luas Segitiga Sama Kaki

contoh soal luas segitiga sama kaki

Sebuah bangun datar segitiga sama kaki memiliki bentuk seperti diatas. Diketahui panjang dari alasnya adalah 10 CM, dan Tingginya adalah 12 CM, maka berapakah luas segitiga sama sama kaki diatas?

Diketahui
A = 10 CM
T = 12 CM

Dijawab
Rumus : (A X T) / 2
= (10 cm x 12 cm) / 2
=120 / 2
= 60 CM

Jadi luas dari segitiga diatas adalah 60 CM

2. Soal Luas Segitiga Sembarang

latihan soal luas segitiga sembarang

Sebuah bangunan segitiga sembarangan memiliki alas sepanjang 20 CM, dan tinggi 8 CM, berapa luas dari bangunan segitiga diatas?

Diketahui
Alas = 20 CM
Tinggi = 8 CM

Dijawab
Rumus = A X T / 2
= (20 X 8) / 2
= 160 / 2
= 80 CM
Jadi luas dari segitiga sembarang diatas adalah 80 CM persegi

3. Soal Luas Segitiga Siku-Siku

soal luas segitiga siku siku

Sebuah bangunan segitiga siku siku memiliki panjang alas 14 CM, dan tingginya adalah 6 CM, maka berapakah luas dari segitiga diatas?

Diketahui
Alas = 14 CM
Tinggi = 6 CM

Dijawab
Rumus = A X T / 2
= (14 CM X 6 CM) / 2
= 84 CM / 2
= 42 CM

Jadi, luas dari segitiga siku-siku diatas adalah 42 CM persegi

4. Soal Luas Segitiga Sama Sisi

segitiga sama sisi latihan soal

Sebuah bangunan segitiga sama sisi seperti diatas masing-masing sisinya adalah 5 CM, sedangkan untuk tingginya adalah 8 CM, pertanyaanya, berapakah luas dari segitiga tersebut?

Diketahui
A = 5 CM
T = 8 CM

Dijawab
Rumus = a x t : 2
= (5cm x 8cm) : 2
= 40 cm : 2
= 20 CM

jadi, luas dari segitiga sama sisi diatas adalah 20 CM persegi.

Bagaimana? cukup mudah bukan? silahkan pahami rumus dan latihan soal luas segitiga diatas, lalu implementasikan apa yang kamu dapat disini pada latihan soal kalian sendiri. Jika kalian bingung, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Belajar lebih mudah bersama Sekolah2000. Beritahu teman kalian dengan bagikan postingan ini ke Facebook dan twitter !!

editorial Sekolah2000: Tempat belajar yang asyik dan bisa dilakukan dimana saja. Learning from home with US !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *