MTK Kelas 5 SD

[Bab 5] Contoh Soal Pecahan Matematika Kelas 5 dan Kunci Jawaban


[Bab 5] Contoh Soal Pecahan Matematika Kelas 5 dan Kunci Jawaban

Selanjutnya ada [Bab 5] Contoh Soal Pecahan Matematika Kelas 5 dan Kunci Jawaban yang dapat adek-adek gunakan sebagai media belajar dirumah selain tugas yang sudah diberikan oleh ibu guru. Pada BAB 5 ini, adek-adek akan diajak untuk mengetahui beberapa materi seperti mengonversi atau mengubah pecahan ke dalam persen dan desimal, melakukan penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk pecahan, melakukan perkalian dan pembagian dalam bentuk pecahan, melakukan perkalian dan membagi pecahan, dan yang terakhir adalah masalah perbedaingan skala.

Sudah siap untuk mengikuti contoh soal yang akan kami hadirkan? silahkan simak dibawah ini.

A.  SOAL

Uraikan jawaban soal cerita berikut ini dengan baik dan benar!

1.    Erman sedang terburu-buru berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki, sehingga agar tidak terlambat Erman harus berlari sejauh menuju gedung sekolah. Jika demikian, berapa km yang ditempuh Erman selama 10 hari?
Jawab:
2. Sebagai penggemar kuliner dalam satu hari Alfan memakan sebanyak kg nasi. Jika Alfan makan selama satu minggu maka berapa banyak nasi yang dihabiskan?
Jawab:
3.   Ahmad menyimpan alat-alat kebutuhan pesta seberat kg ke dalam 3 buah kotak. Jika alat-alat kebutuhan pesta yang ada di dalam salah satu kotak tersebut dibagikan kepada 4 orang, berapa kg yang harus dibawa oleh satu orang?
Jawab:  

4.    Ketika hendak membantu Ibu memasak, Mimi mendapati terdapat daging berukuran 3,3 kg berada di dalam baskom. Apabila bagiannya dipotong, berapakah ukuran satu potongnya?.

Jawab:

5.    Bagas dan 5 orang temannya memesan satu loyang pizza yang dipotong menjadi 4 bagian. Akan tetapi, secara diam-diam Bagas telah memakan satu potong pizza tersebut. Setelah perilaku Bagas diketahui, lantas 5 orang teman lainnya memutuskan untuk memakan Pizza yang masih tersisa. Seberapa besarkan pizza yang dapat dimakan oleh masing-masing orang?

Jawab:

Kunci Jawaban

A.  Soal Uraian

Jadi, jumlah jarak keseluruhan yang ditempuh oleh Erman ke sekolah dalam 10 hari adalah 
 
 2.    Jika per hari nasi yang dimakan sebanyaktotal nasi selama satu minggu adalah..
Jadi, total nasi yang dimakan Alfan selama satu minggu adalah  
3.    Jika disimpan ke dalam 3 buah kotak, maka untuk mengetahui berat masing-masing kotak cukup dibagi 3. Kemudian apabila alat-alat yang ada di dalam sebuah kotak dibagi 4, maka penyelesaiannya yakni, 
Jadi, berat alat pesta yang harus dibawa oleh masing-masing orang adalah  
4.  Jika dipotong menjadi artinya 3 bagian dari jumlah 5 bagian yang apabila dikalikan menjadi
Jadi, berat satu potong dagingnya adalah 1,98 kg.
5.    Pizza yang dibagi menjadi 4 potong dimakan oleh Bagas, sehingga jumlah potongan pizza yang tersisa adalah  Jika jumlah tersebut dimakan oleh teman yang berjumlah 5 orang, maka
Jadi, jumlah pizza yang bisa dimakan oleh masing-masing teman adalah 

Lanjut ke BAB 6 Sifat Bangunan dan Hubungan Antar Bangunan atau kembali ke Soal Soal Kelas 5 Semster 1 dan 2

Belajar lebih mudah bersama Sekolah2000. Beritahu teman kalian dengan bagikan postingan ini ke Facebook dan twitter !!

Baca Artikel Lainnya

There are currently no comments.