Rumah Belajar Kemdikbud: Fitur, Kelebihan, Cara Daftar [TERLENGKAP]

Rumah Belajar Kemendikbud

Kementrian Pendidikan dan Budayaan Republik Indonesia terus melakukan inovasi dalam dunia pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman, salah satunya melalui situs yang bernama Rumah Belajar dengan alamat di belajar.kemdikbud.go.id.

Portal Rumah Belajar kemendikbud adalah sebuah situs yang menyajikan fasilitas dan bahan pembelajaran untuk mendukung terjadinya komunikasi antar komunitas. Situs ini bisa digunakan oleh siswa maupun guru dari segala jenjang pendidikan (PAUD, SD, SMP, SMA, SMK) agar bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.

Setelah mengetahui apa itu Rumah Belajar dari Kemdikbud, selanjutnya kami akan menjelaskan apa saja fiturnya lengkap dengan cara melakukan pendaftaran.

Fitur Rumah Belajar Kemdikbud

Ingin tahu saja benefit yang akan kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi atau situs yang satu ini? Silahkan simak ulasan dibawah ini:

1. Laboratotirum Maya

Beberapa siswa pasti sering melakukan praktikum di sebuah alboratorium. Nah Laboratorium maya adalah sebuah fitur yang dihadirkan oleh Kemdikbud melalui situs Rumah Belajar. Disini siswa dapat melakukan pembelajaran berupa simulasi praktikum yang biasa dilakukan di laboratorium yang sangat lengkap dimulai dari teori praktikum, lembar kerja, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Cara Melatih Publik Speaking pada Anak

2. Bank Soal

Selain membaca materi, sebagai siswa tentu kamu sering menguji kemampuan dengan soal latihan. Nah rumah belajar dari kemendikbud juga menghadirkan fitur bank soal dimana dibagian ini kamu bisa menemukan banyak materi evaluasi dan soal yang sangat lengkap. Hanya dengan menglik halaman yang sudah disajikan, kamu bisa menemukan banyak materi dan soal dimulai dari Seklah Dasar kelas 1 sampai 6, SMP, SMA, dan juga SMK. Bahkan materi untuk SLB juga ada.

3. Kelas Digital

Industri 4.0 adalah sebuah zaman dimana semua bidang sudah memanfaatkan teknologi dalam memudahkan pekerjaannya. Rumah Belajar juga menghadirkan sebuah fitur yang bernama kelas digital. Apa itu Kelas Digital?

Ini adalah sebuah fitur yang dikembangkan dengan LMS (Learning Management System) yang dihadirkan untuk memfasilitasi siswa dan guru agar bisa belajar secara virtual tanpa harus tatap muka. Fitur ini memungkinkan guru untuk membagikan materi pembelajaran yang selanjutnya bisa dibagian kepada para anak didiknya.

4. Sumber Belajar

Dan fitur keempat jika kamu menggunakan Rumah Belajar, kamu akan mendapatkan manfaat berupa materi pembelajaran yang lengkap yang memang dihadirkan untuk para siswa dan guru. Menariknya, materi yang disajikan oleh kemendikbud sangat kreatif sehingga siswa pasti akan suka. Materi disini disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, vidio, gamba, sampai dengan evaluasi. Menarik kan?

Baca Juga: Manfaat Berfikir Kritis bagi Siswa

5. Gratis

Jika beberapa aplikasi belajar lainnya seperti ruang guru dan zenius hanya dapat diakases jika calon siswa sudah berlangganan, rumah belajar ini justru sebaliknya. Para siswa dan guru dapat memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada secara gratis tis tis alias tanpa harus keluar uang.

Cara Daftar Rumah Belajar Kemdikbud

Tertarik untuk memanfaat segala manafaat dan fitur yang dihadirkan oleh kemendikbud melalui situs ini? Sebelumnya kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk memudahkan kamu dalam melakukan pendaftaran, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

1. Klik Login

Setelah kamu mengunjungi halaman utama situs rumah belajar, kamu bisa melakukan klik pada menu login yang berwarna kuning pada bagian atas.

2. Klik Buat Akun

Karena kita belum memiliki akun, maka kita harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik tulisan “buat akun” yang ada dibawah kolom password.

3. Pilih Kategori

Selanjutnya kamu harus memilih kategori yang sudah disediakan, apakah kamu mendaftar sebagai siswa atau sebagai guru. Jika sudah kamu pilih, selanjutnya akan munculform data diri yang harus di isi, dimulai dari NISN untuk siswa, dan NUPTK untuk guru.

4. Isi Form

Isi seluruh form yang sudah disediakan dengan data diri yang kamu miliki. Pastikan email yang kamu masukan adalah email aktif, ingat kalau perlu silahkan di catat password yang sudah kamu daftarkan, dan klik captcha bahwa kamu bukan robot.

5. Klik Daftar

Jika semua kolom sudah kalian isi dengan data diri dengan benar, selanjutnya klik daftar, dan proses pendaftaran sudah selesai, selanjutnya hanya perlu melakukan verifikasi email, untuk memastikan bahwa email yang digunakan memang benar milik kamu.

Baca Juga: Cara Cek Inpasing Guru Terbaru

Cukup mudah bukan? semoga penjelasan singkat mengenai fitur dan cara daftar Rumah Belajar Kemdikbud diatas bermanfaat, dan selamat belajar, semangat untuk para siswa dan guru di Indonesia.